Glitter Words

Kamis, 23 September 2010

kaRtU dOmInO

Hmm.. permainan nie sangat bersejarah bagiku.. Ada kenangan trsendiri antara aku, Abiku, dan tentu saja kartu domino... Tidak seperti kebanyakan orang menggunakan domino.. nie sungguh2 bukan buat judi.. * gile aje Abi ane ngajarin anaknye judi.. bisa kutukan tujuh turunan...

Awal ceritanya.. waktu itu aku masih TeKa.. pulang sekolah dijemput ama Abi n diajak ke SD dimana Abiku itu ngajar.. Nahh, biar diriku ini gak suntuk Abi aku bikinin kartu2 donimo itu... *ups, waktu itu aku belon tau kalo tuh kertas kecil2 namanya domino... Mula2 Abi bikin bentuk persegi panjang dari kertas bungkus susu formula.. *tauk tuh dari mane dapetnya.. Trus, tengahnya dikasih garis sekat.. Dan mulai menggambar lingkaran2.. Nahh.. Berbeda dgn domino pada umumnya.. domino jenis nie bukan lingkaran doank.. maksudnya sisi kanan lingkaran 'n sisi kirinya angka 1-6..

Jadi itulah awal mula diriku mengenal domino.. sangat menarik.. *setidaknya untukku...

Nahhh... sekarang dimulai dari sejarah DOMINO itu sendiri.. chekitdot..



Permainan Tile telah ditemukan di Cina pada awal 1120 Masehi. Beberapa catatan sejarah telah menelusuri bukti adanya potongan-potongan, jalan kembali ke prajurit pahlawan yang bernama Hung Ming (181-234 M). Sejarawan lain percaya bahwa Keung T'ai Kung, pada abad kedua belas SM telah menciptakannya.

Yang Chu sz ubi (Penyelidikan pada hadis All Things) menyatakan bahwa domino diciptakan oleh seorang negarawan pada 1120 Masehi. Orang ini dikatakan telah memberikan domino kepada Kaisar Hui Tsung, dan bahwa domino beredar di luar negeri oleh perintah kekaisaran pada masa pemerintahan putra Hui, Kao-Tsung (1127-1163 M). Penafsir lain mengatakan bahwa dokumen ini mengacu pada standardisasi dan bukan penemuan permainan itu sendiri.

Michael Dummett menulis pendek di bagian sejarah dari "Game of Tarot" (halaman 35) berhubungan dengan pengenalan domino di Eropa ke Italia, mungkin di Venesia dan Naples, di abad 18. Walaupun kartu domino jelas warisan China, ada perdebatan apakah mengatur ubin Eropa berasal dari Cina ke Eropa pada abad keempat belas atau diciptakan secara independen.

Domino tunggal ditemukan dengan rongsokan Mary Rose (awal abad 16-Mei), tetapi nampaknya telah banyak yang menemukannya kemudian. Secara keseluruhan, ada begitu banyak bukti untuk permainan di abad 16 dan abad 17 bahwa jika domino ada mereka tidak akan lolos dari catatan.

Permainan berpindah dari Italia ke Prancis pada awal abad 18 dan menjadi mode. Pada akhir abad ke-18, Perancis juga memproduksi domino teka-teki.

Permainan ini tiba di Britania Raya pada akhir abad 18 dari Perancis (mungkin melalui tahanan perang Perancis) dan tampaknya telah menjadi populer di penginapan dan bar pada saat itu.

Permainan domino dimainkan di seluruh dunia, tetapi yang paling populer adalah di Amerika Latin.



Penjelasannya membingungkan... Padahal sudah ku coba untuk membuatnya jelas.. tapi, apa boleh buat.. Cuma begitu yg bisa ku perbuat..



Ada penjelasan lain yang menurut aku lebih mudah dipahami.. artikel ini di-credit dari: www.kotakgame.com

Kartu Domino tertua berasal dari tahun 1120. Kartu Domino sebenarnya merupakan perwujudan dari angka-angka yang muncul dari dua buah dadu yang dilempar secara bersamaan, Tentunya dengan penambahan kartu kosong atau yang biasa disebut orang sebagai balak nol.

Inti bermain kartu Domino adalah menghabiskan kartu yang ada di tangan sebelum pemain lain. Setiap kartu memiliki dua sisi nilai, dan nilai-nilai tersebut bisa kita ganti asalkan memiliki kartu dengan satu atau dua sisi bernilai sama dengan kartu yang diturunkan di permainan. Kalau kamu baru pertama kali bermain Domino, kami sarankan untuk terlebih dahulu mempelajari cara menghabiskan kartu yang ada di tangan. Bila kamu sudah cukup ahli menghapal kartu dan mengendalikan kartu yang ada di tanganmu, kamu bisa mulai belajar cara untuk menghalang-halangi pemain lainnya terutama pemain yang ada di bawahmu. Kemenangan dalam permainan Domino ditentukan dengan habisnya kartu di tangan atau kecil-kecilan nilai kartu yang di tangan saat terjadi deadlock atau kebuntuan (tidak ada pemain yang bisa menurunkan kartu di permainan).

Kartu Domino memiliki banyak versi dan jumlah. Kartu Domino sering juga dimanfaatkan untuk membuat karya seni yang biasa disebut dengan Dominoes Stacking (menyusun kartu Domino).

Lebih simple bukan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar